Usai pengucapan sumpah dan janji yang dilakukan 560 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan janji terhadap 132 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Seperti sebelumnya, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali memberikan pernyataan sebelum memimpin sumpah dan janji terhadap seluruh anggota DPD. Entah terlalu bersemangat, para anggota DPD yang akan dilantik langsung menjawab sebelum Hatta menyelesaikan kalimatnya.

“Apakah saudara bersedia disumpah sesuai agama,” ujar Hatta Ali dalam pelantikan anggota DPR dan DPD di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (1/10).

“Bersedia,” ucap 132 anggota DPD.

Mendengar itu, sejumlah hadirin yang menyaksikan acara tersebut tertawa mendengarnya. Sementara, Hatta Ali hanya tersenyum sebelum melanjutkan ucapannya kembali.

“Patut saya ingatkan bahwa sumpah atau janji yang akan saudara-saudara ucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar RI 1945,” tegas Hatta.

Berikut sumpah dan janji anggota DPD RI:

Demi Allah saya bersumpah:

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPD dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945.

Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi, serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia.