EQUITYWORLD FUTURES – Proses melahirkan generasi baru Innova sudah dilakukan sejak empat tahun yang lalu. Kendati statusnya model global bagian IMV (International Multi-purpose Vehicle) fokus pengembangannya ada di Indonesia.

Iwan Abdurrahman dari Technical service Division Toyota Astra Motor menceritakan hal menarik saat pengembangan dilakukan di jalan-jalan di daerah. Iwan mendapat kesempatan menguji Innova di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama penguji dari Jepang.

“Saya bersama orang Jepang itu betul-betul menyusuri, kita naik mobilnya dan orang Jepang pun sampai ngurus SIM di Indonesia supaya bisa mengemudi juga. Kepengen tahu jalan di Indonesia kaya apa, macetnya, bolongnya,” papar Iwan.

Menjajal langsung jalan – jalan di Indonesia sesuai dengan pernyataan bos desain Toyota Motor Corporation Hiroki Nakajima saat peluncuran All-New Innova, 23 November lalu. Konsep pengembangannya disebut mendefinisikan tangguh, selain di Indonesia Innova juga dites merasakan kondisi jalan-jalan di negara lain.

Iwan juga bilang sempat mendatangi beberapa rumah pemilik Innova untuk survei, termasuk mengukur garasi. Aktivitas lain yang disebut, nongkrong di mall sambil memerhatikan gaya orang menaikan dan menurunkan barang ke bagasi mobil seperti apa.

Kerja Iwan hanya sebagian dari pengembangan di dalam negeri. Selain diuji di pulau Jawa, generasi baru Innova juga diajak keliling di pulau Sulawesi dan Sumatera.