EQUITYWORLD FUTURES – Setelah 22 tahun namanya tersohor di benua Eropa sebagai club motor paling di perhitungkan, akhirnya Satudarah MC berdiri di Indonesia. Tepatnya di Jakarta, Agustus dua tahun lalu. “Satudarah milik Indonesia. Kita semua basisnya dari Indonesia, selayak dan sebaiknya satu darah pulang ke Indonesia dan menjadi milik Indonesia,” kata sekretaris Satudarah MC Mother Chapter, Jakarta, Indonesia, Ralph Manuputty saat berbincang dengan merdeka.com, Jumat pekan kemarin.

Tak tanggung-tanggung, peresmian Satudarah MC di Jakarta dilakukan oleh salah satu sembilan pendiri-nya di Belanda. Berdirinya Satudarah di Jakarta merupakan pertama di Asia. “Jakarta mother chapter pertama di Asia. Ini diresmikan oleh salah satu dari sembilan pendiri,” ujarnya.

Resmi berdiri sebagai club motor, Satudarah MC memiliki sekertariat di Jalan Kesehatan Bawah No 36, Bintaro, Jakarta Selatan. Tercatat ada 200 anggota Satudarah MC. Anggotanya tersebar di Bogor, Bali dan Ambon. Selain membentangkan sayap ke negara asal, Satu Darah MC kini mencoba menjamah Singapura dan Kuala Lumpur, Malaysia.

Ralph mengatakan dari ribuan anggota Satudarah MC tersebar dari Belanda hingga Indonesia semuanya berjenis kelamin laki-laki. Mereka meyakini jika seorang pemotor sejati adalah lelaki.”Basic bikers (latar belakang pemotor) itu kelaki-lakian dan perempuan adalah bagian yang harus kita lindungin dan bukan bagian dari kita karena budaya Maluku adalah pejuang ‘warior’,” tuturnya.

Resminya Satudarah MC berdiri di Jakarta bukan tanpa sebab. Alasan utamanya lantaran Satudarah merupakan asal Indonesia dan ingin kembali ke tanah kelahirannya, yaitu Maluku. “Mereka merindukan Satudarah eksis di Indonesia. Mereka punya cita-cita Satudarah MC ada di Indonesia,” tuturnya.

Menariknya club motor Satudarah MC ialah tetap mempertahankan kebudayaan Maluku. Sebagai bentuk aksi menyosialisasikan budaya Maluku, Satudarah MC juga aktif dalam acara club sepeda motor di Indonesia. Untuk itu, Ralph mempertegas, jika Satudarah MC bukan geng motor yang identik dengan aksi kriminalitas. Dia menjelaskan jika Satu Darah MC merupakan organisasi otomotif karena berdiri dengan struktur organisasi. Dimana setiap anggota Satudarah MC diawasi oleh aturan untuk menjaga nama baik. Bagi anggota yang melanggar akan mendapatkan sangsi sangat keras.

“Satudarah di Indonesia memegang teguh kedaulatan Indonesia. Distatemen kita terbukti jelas menjunjung tinggi NKRI harga mati buat kita,” kata Ralph.