EQUITYWORD FUTURES – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bandara Soekarno-Hatta akan memberlakukan kebijakan buka-tutup jalan dari Bandara Soekarno-Hatta hingga Jakarta melalui Tol Sedyatmo, Senin siang ini. Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengawal kedatangan Presiden Korea Utara Kim Yong Nam yang direncanakan tiba di Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 12.40 WIB.

“Bakal ada buka-tutup, sudah ada personel kami di sana. (Buka-tutup) lebih kurang nanti dua sampai tiga menit saja, enggak bakal lama. Yang penting kepala negara sudah lewat saja,” kata Kapolres Bandara Soekarno-Hatta Komisaris Besar CH Patopoi, Senin (20/4/2015).

Kebijakan buka-tutup di jalan tol kemungkinan hanya akan dilakukan satu kali pada hari ini. Hal tersebut berlaku demikian meskipun ada kepala negara lain yang akan tiba, selain dari Korea Utara, yakni Wakil Presiden Liberia dan Perdana Menteri Palestina pada pukul 22.00 WIB.

Buka-tutup jalan ini juga diberlakukan dengan melihat situasi dan kondisi arus lalu lintas. Jika arus lalu lintas padat, maka akan kebijakan buka-tutup jalan akan berlaku.

Pengawalan terhadap kepala negara, khususnya Presiden Korea Utara, yang pertama datang di Bandara Soekarno-Hatta hari ini, dilakukan mulai dari ruang VIP di Terminal 1. Polisi telah mensterilkan jalur dua di sepanjang Terminal 1 untuk digunakan secara khusus bagi kepala negara dan delegasi.

Saat pengawalan kepala negara dan delegasi ke Jakarta, semua arus lalu lintas di jalur umum yang ada di Terminal 1 akan dihentikan sementara. Hanya arus kendaraan di satu jalur, yakni jalur dua, yang diperbolehkan bergerak hingga rombongan beserta pengamanannya keluar dari area bandara. Setelah itu, penggunaan semua jalur di Terminal 1 akan normal kembali.