EQUITYWORLD FUTURES – Beberapa saat lalu, Facebook mengumumkan berencana untuk membuat tombol empati sebagai pelengkap dari tombol Like di linimasa Facebook.

CEO Facebook, Mark Zuckerberg pada Jumat (9/10/2015) memperkenalkan tombol empati tersebut, yang diberi nama Reactions.

“Hari ini kami memperkenalkan Reactions, tombol yang lebih ekspresif dari tombol Like,” tulis Zuckerberg di halaman Facebook resminya, Kamis (8/10/2015) pagi waktu Palo Alto, California, AS.

Reactions adalah sederetan tombol serupa emoticon yang bisa mengekspresikan enam perasaan, seperti Love (suka/cinta), Haha (lucu), Yay (perasaan senang), Wow (terkejut), Sad (sedih), dan Angry (marah) selain tombol Like itu sendiri.

Pertama melihatnya, KompasTekno merasa tombol-tombol tersebut mirip dengan fitur yang tersedia di jejaring sosial Path.

Untuk menggunakannya, pengguna bisa menekan dan menahan tombol Like dalam beberapa lama untuk memunculkan sederetan ikon Reactions tadi. Mereka kemudian bisa memilih salah satu ekspresi yang diinginkan.

Facebook tengah menguji coba tombol Reactions ini, namun tak semuanya bisa mencoba. Tombol Reactions baru diluncurkan bagi pengguna Facebook yang tinggal di Irlandia dan Spanyol.

“Tombol Reactions memberikan cara baru mengekspresikan cinta/suka, kekaguman, humor, dan kesedihan. Memang bukan tombol Dislike, namun bisa mempermudah Anda mengekspresikan rasa sedih dan simpati,” terang Zuckerberg.

Beragam reaksi ditunjukkan pengguna Facebook di postingan milik Mark Zuckerberg itu. Beberapa ada yang memujinya, namun beberapa juga tetap menginginkan Facebook memberikan tombol Dislike.