Topan super Neoguri dikabarkan mulai kehabisan ‘tenaga’ sesaat setelah sampai di bagian selatan pulau Kyushu. Meskipun melemah, topan yang telah memporak-porandakan kawasan Okinawa ini sejatinya terlihat sangat besar dan dahsyat bila dilihat dari luar angkasa.

Seperti yang dilansir oleh Daily Mail (09/07), astronot asal Jerman mengambil gambar saat topan Neoguri sedang mendekat ke Jepang dari arah samudera Pasifik tanggal 7 sampai 8 Juli kemarin.

Menurut astronot tersebut, lebar dari si topan diperkirakan mencapai 65 kilometer dan tidak tertembus cahaya. Saking besarnya, kamera yang terpasang di stasiun luar angkasa ISS yang dibuat oleh Amerika dan Rusia itu tidak mampu menangkap gambar utuh dari topan Neoguri dalam satu foto.

Topan yang telah menghantam beberapa bagian Jepang itu memiliki kecepatan hingga 250 kilometer per jam. Oleh sebab itu, topan yang dalam bahasa Korea berarti ‘anjing rakun’ telah melukai 28 orang dan menghilangkan satu orang. Saat ini topan ini masih melaju hingga ke arah utara. Bahkan daerah di bagian timur seperti Tokyo diprediksi bisa terkena dampaknya.

Berikut adalah beberapa penampakan dari topan Neoguri yang berhasil diabadikan oleh ISS.

Foto topan Neoguri hasil jepretan ISS Foto topan Neoguri Foto topan Neoguri Foto topan Neoguri