EQUITYWORLD FUTURES – Saham Facebook Inc meroket tinggi setelah perusahaan melaporkan rekor pendapatan penjualan dari iklan mobile.

Data yang dihimpun Bloomberg menunjukkan, saam jejaring media sosial itu melesat hingga 16 persen ke rekor tertingginya di level 109,11dollar AS.

Sekadar informasi, kapitalisasi pasar Facebook naik hingga 40 miliar dollar AS. Angka tersebut tiga kali lebih tinggi dari market cap Twitter Inc. Pada tahun ini, Facebook merupakan satu-satunya saham teknologi yang melesat, dengan kenaikan sejauh ini sebesar 4 persen.

Saat ini, sekitar 1,59 miliar pengguna yang aktif mengakses Facebook setiap bulan, kususnya pada smartphone dan tablet.

Dalam obrolannya dengan investor via telepon pada Rabu lalu, pendiri Facebook Mark Zuckerberg menggunakan mayoritas waktunya untuk membicarakan tentang realitas virtual, intelijen artifisial, dan menghubungkan seluruh dunia dengan internet.

“Strategi kami mulai bekerja dan kami memiliki banyak kesempatan ke depannya. Sehingga, kami akan terus berinvestasi untuk menghasilkan karya hebat dalam jangka panjang,” jelas Zuckerberg.

Para marketer tertarik dengan Facebook karena jejaring sosial ini bisa menempatkan iklan sesuai dengan target konsumen yang diinginkan. Teknologi serupa saat ini juga tengah dikembangkan Instagram.

Sekadar tambahan informasi, Facebook berhasil membukukan penjualan rekor di kuartal empat senilai 5,84 miliar dollar AS. Pencapaian itu melampaui prediksi analis senilai 5,37 miliar dollar AS. Sekitar 80 persen dari pendapatan tersebut berasal dari perangkat mobile.

Laba bersih Facebook juga naik dua kali lipat pada periode yang sama menjadi 1,56 miliar dollar AS atau 54 sen per saham. Pada tahun lalu, laba bersihnya hanya 701 juta dollar AS atau 25 sen per saham.