EQUITYWORLD FUTURES – Strategi Toyota Indonesia memproduksi Sienta bukan cuma untuk memenuhi pasar domestik tapi juga ekspor. Produksi massal Sienta sudah dimulai bulan ini, volume unit awal ditujukan buat memenuhi permintaan konsumen yang menumpuk sejak Sienta diperkenalkan pada April lalu. Setelah itu ekspor baru dimulai.

Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan ekspor Sienta akan dimulai tahun ini juga. Namun dia enggan merinci, kapan hal itu persis dilakukan.

“Domestik dulu. Ekspornya belum bisa kami kasih tahu, tapi tahun ini. Berapa? Tidak banyak lah, domestik yang banyak. Kecil, 10 persen (dari total volume produksi),” ucap Warih, di Jakarta, Jumat (9/6/2016).

Di pabrik milik TMMIN di Karawang, Jawa Barat, Sienta diproduksi sekitar 100 unit, kata Warih. Jika dikalkulasikan, berarti bisa melebihi 3.000 unit per bulan. Prediksi jumlah ekspor sekitar 300 unit.

Warih belum mau membeberkan negara mana saja yang akan jadi pasar ekspor TMMIN. Namun, informasi kuat menyebutkan Thailand dan Malaysia.