Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Tjahjo Kumolo mengatakan proses pemilihan ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) berlangsung fair. Dia pun mengucapkan selamat kepada Zulkifli yang terpilih setelah melalui proses yang cukup panjang.

“Yang pertama ini sebuah proses, yang pada awalnya kami tawarkan musyawarah mufakat tidak bisa, sesuai tatib MPR kita harus voting, kami mengucapkan selamat pada Pak Zulfikli dan yang sudah menang, saya kira sulit, itu lah hasil pemilihan secara fair, terbuka, tertutup,” ujar Tjahjo di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/10).

Tjahjo mengaku tidak khawatir ancaman pemakzulan terhadap Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dengan dikuasainya parlemen oleh Koalisi Merah Putih. Bagi dia, setiap partai yang berada di dalam DPR punya tugas bersama untuk mengawal pelantikan presiden.

“Saya kira ini majelis yang tadi sudah kita ikuti sejak awal. Saya kira ini sudah kita ikuti proses sejak awal, sejak pemilihan pimpinan, ini milik kita bersama, dan punya tugas untuk mengawal 20 Oktober,” tandasnya.

PDIP pun tak akan mempermasalahkan jika Koalisi Merah Putih berhasil menyapu bersih seluruh kepemimpinan di MPR. “Silakan, kalau mau diambil semua kan tidak masalah. Kalau masalah DPR kan kita beda, karena sudah ditutup, karena sudah mengajukan paket.