EQUITYWORLD FUTURES – Satu kaki Vietnam telah ada di final Piala AFF 2014. Hal ini setelah mereka mengalahkan tuan rumah Malaysia di leg pertama semifinal Piala AFF 2014 dengan skor 2-1.

Tim tuan rumah unggul lebih dulu dengan gol penalti Safiq Rahim tapi Huy Toan menyamakan kedudukan pada menit ke-32, sebelum Van Quyet mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-60 dalam pertandingan di bawah guyuran hujan di Stadion Shah Alam, lapor AFP.

Dengan aturan gol tandang berlaku, Malaysia harus menciptakan sedikitnya dua gol dalam laga kedua di Hanoi pada Kamis mendatang, untuk bisa maju ke final, melawan Filipina atau Thailand, yang bermain 0-0 pada laga pertama semifinal mereka di Manila pada Sabtu.

Malaysia mengalahkan Vietnam 2-0 secara agregat pada semifinal 2010 dalam perjalanan mereka menjadi juara dan keberhasilan tersebut terlihat akan terulang ketika Safiq membuat kiper Tran Nguyen Manh salah langkah menyambut tembakan penalti pada menit ke-14 setelah Nguyen Huy Hung melakukan handball di kotak penalti.

Tapi kecepatan serangan para pemain Vietnam membuat masalah sepanjang pertandingan tersebut bagi pertahanan Malaysia yang tidak diperkuat Shukor Adan. Tim tamu menyamakan kedudukan setelah pertandingan berlangsung setengah jam, saat tembakan datar Van Quyet ditangkis kiper Malaysia Khairul Fahmi Che Mat, tapi mengarah ke Huy Toan yang tidak terkawal yang kemudian menjebol gawang.

Vietnam terlihat makin berbahaya dalam serangan balik pada babak kedua dan mereka mencetak gol penting penentu kemenangan pada menit ke-60 setelah Van Quyet menerima bola di sisi kanan pertahanan Malaysia dari Mac Hong Quan, memotong bola dari pemain belakang Zubir Azmi sebelum melepaskan tembakan yang melewati Khairul Fahmi.

Di sisa waktu pertandingan, Vietnam memiliki peluang untuk menambah keunggulan lewat Huy Tuan. Namun sayang peluang tersebut belum mampu menemui sasaran. Begitu pula dengan peluang dari pemain pengganti tuan rumah, Indra Putra Mahayuddin yang juga hanya melebar dari gawang Vietnam.

Skor 2-1 untuk kemenangan Vietnam pun bertahan hingga pertandingan usai.