EQUITYWORLD FUTURES – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Ferry Abraham bertolak ke Hong Kong. Keduanya di Hong Kong belajar sistem pengamanan kota.

“Wali kota bersama Kapolrestabes berangkat ke Hongkong itu, hari Senin dan dijadwalkan kembali ke Tanah Air, Kamis malam,” ujar Kepala Sub Bagian Pemberitaan, Humas Pemkot Makassar, Muhammad Hamzah di Makassar, seperti dilansir dari Antara, Senin (13/10).

Bukan cuma kedua pejabat itu yang berangkat ke Hongkong, turut serta Sekretaris Daerah Ibrahim Saleh dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Muktar Tahir juga ikut serta mendampinginya. Hamzah mengatakan ini adalah salah satu upaya pemkot dalam melakukan langkah besar mengantisipasi tindak kejahatan jalanan yang marak terjadi di kota ini, yakni aksi geng motor.

Kekerasan jalanan yang dilakukan oleh para remaja dan bahkan anak di bawah umur telah memicu banyak reaksi dari masyarakat Makassar. Kekerasan ini menimbulkan keresahan karena sudah di luar dari ambang batas yakni melakukan pembunuhan.

“Di Hong Kong, Danny dan Ferry akan mengikuti kegiatan terkait CCTV kota (kamera pengintai). Setiap sudut kota akan terpantau dan terekam dalam CCTV,” katanya.

Wali Kota Makassar, Ramdhan Pomanto sebelum berangkat juga mengatakan kegiatan itu dalam rangka menciptakan kota nyaman dan aman yang dikunjungi oleh siapapun selain warga Makassar sendiri. “Di situ (Hongkong) berkumpul seluruh perwakilan dunia khusus untuk Makassar hanya diundang sendiri, ini tidak lain hubungan baik dengan PT Microsoft dan jaringan lainnya,” jelasnya.

Danny, sapaan akrab wali kota itu berharap dengan kunjungannya ke Hong Kong bersama pihak keamanan kota bisa menambah wawasan serta pola-pola pengamanan yang berstandar internasional.