Mudik Lebaran adalah salah satu saat yang paling dinanti oleh umat muslim di Tanah Air. Waktu berkumpul bersama keluarga yang tinggal di tempat yang jauh setahun sekali tentunya menjadi momen yang tak bisa dilewatkan.

Jarak yang jauh menjadi pertimbangan berat bagi para pemudik, terutama bagi mereka yang menggunakan moda transportasi umum.

Selain padatnya lalu lintas saat mudik nanti, mereka yang lengah saat menggunakan kendaraan umum kerap kali menjadi incaran para pelaku kriminal, salah satunya adalah kejahatan hipnotis alias gendam.

Supaya Anda tak menjadi sasaran empuk para pelaku gendam tersebut, berikut ada beberapa tips yang dilansir dari laman facebook Divisi Humas Mabes Polri (22/07):

1. ‘Self hypnosis’ alias mensugesti diri sendiri, caranya adalah dengan yakin dan percaya diri bahwa hipnotis takkan mempan pada Anda yang menolaknya.

2. Selalu waspadai orang yang baru Anda kenal dan berusaha mendekati Anda. Pasalnya hipnotis bekerja melalui komunikasi yang dilakukan dengan sangat persuasif.

3. Jangan pernah biarkan pikiran Anda kosong saat sedang berada di tempat umum.

4. Tak jarang pelaku melakukan hipnotis melalui kontak mata atau tepukan di pundak. Oleh sebab itu hindari kontak mata dan selalu waspadai mereka yang mencurigakan.

5. Jika tiba-tiba Anda merasa mual, pusing, sesak atau mengantuk secara tidak wajar, bisa jadi ada yang melakukan telepathic forcing pada Anda. Cara melawannya adalah dengan memfokuskan pikiran dan membuang energi negatif yang Anda rasakan dengan berdoa.

6 Kalau Anda memiliki kebiasaan ‘latah’ usahakan untuk tidak bepergian seorang diri. Hal ini dikarenakan mereka yang memiliki kebiasaan latah secara bawah sadar mudah mengikuti perintah sehingga akan menjadi incaran pelaku gendam.

7. Curigai orang yang tiba-tiba mengerumuni Anda tanpa sebab yang jelas. Segera pergi ke tempat yang ramai atau hubungi petugas keamanan.