EQUITYWORLD FUTURES – Satu per satu model milik Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyesuaikan standar emisi Euro III. Inilah usaha YIMM mengikuti keinginan pemerintah meningkatkan kualitas semua sepeda motor baru di Indonesia berdasarkan Undang-Undang No.2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Setelah V-Ixion Advance dengan standar emisi Euro III meluncur pada Rabu (20/5/2015), Asisten GM Pemasaran YIMM M.Masykur mengungkap ada empat model Yamaha yang masih menggunakan spesifikasi Euro II. Keempat model itu adalah bebek Force dan Vega, sport naked Byson, dan skutik “off-road” X-Ride.

“Sesuai janji kita dengan pemerintah, semua model itu akan meluncur sebelum Agustus,” kata Masykur setelah peluncuran V-Ixion di Tangerang Selatan, (21/5/2015).

Di antara keempat model itu, Force dan X-Ride sudah dilengkapi sistem injeksi sedangkan Vega dan Byson masih memakai sistem pengabutan karburator. YIMM sebenarnya masih punya satu lagi model karburator yaitu Scorpio Z, Masykur tak menyinggung soal ini maka ada kemungkinan tahun depan model sport 223 cc itu benar-benar berhenti diproduksi.

Jadwal peluncuran keempat model telah dibuat, waktunya sebelum Agustus. Masykur enggan mengungkap model yang akan diperkenalkan lebih dulu, ia hanya menjelaskan penyempurnaan ke Euro III belum selesai dilakukan untuk semua model, sebagian masih menjalani pengujian internal. “Belum semua selesai karena man power kita terbatas,” ungkap Masykur.