EQUITYWORLD FUTURES – Apakah Anda pernah membayangkan jika smartphone Anda mempunyai memori pemrosesan data alias RAM setara dengan komputer? Nah, hal itu akan segera terjadi di tahun 2015 berkat Samsung.

Berdasarkan laporan situs Samsung Tomorrow (23/12), perusahaan teknologi terbesar di Korea Selatan tersebut secara resmi merilis modul RAM smartphone dengan kapasitas 4 GB. Sebelumnya Samsung memang sudah menjual RAM berjenis LPDDR3 berkapasitas 2 dan 3 GB ke berbagai vendor smartphone.

RAM 4 GB buatan Samsung adalah RAM dengan kapasitas terbesar pertama yang pernah dibuat untuk perangkat mobile. Samsung sendiri membangun RAM 4 GB itu dengan teknologi 20nm processing yang juga dipakai untuk membuat prosesor Exynos.

Dengan teknologi itu, RAM tersebut mampu menghadirkan kecepatan transfer data hingga 3200 Mbps. Tidak hanya itu, Samsung juga mengklaim bila RAM terbarunya mampu dipakai untuk merekam video Ultra High Definition dan potret kontinu beresolusi tinggi hingga lebih dari 20 megapiksel, Phone Arena (23/12).

RAM baru itu juga mengusung modul berjenis LPDDR4 yang mampu meminimalkan penggunaan daya baterai hingga 40 persen dibanding dengan LPDDR3.

Samsung juga berharap bila mereka sudah bisa mulai menjual RAM 4 GB itu ke pasaran di awal tahun 2016. Lalu, apakah smartphone Galaxy S6 dan phablet Galaxy Note 5 juga akan dibekali dengan RAM 4 GB tersebut?