EQUITYWORLD FUTURES – Meningkatnya volume kendaraan di perkotaan yang tidak dibarengi dengan perawatan kendaraan membuat kualitas udara di perkotaan menurun. Hal ini membuat pemerintah kota DKI Jakarta Kota Administrasi Jakarta Utara melaksanakan uji emisi kendaraan bermotor di jalan raya.

Uji emisi ini adalah upaya pengendalian pencemaran udara yang dilakukan berkala. Kegiatan ini dilaksanakan secara gratis sebagai bagian dari kegiatan tahun anggaran 2016 dan dalam rangka pelaksanaan Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan (EKUP).

“Kita buat untuk pemenuhan upaya perbaikan lingkungan dari sisi pengendalian kualitas udara. Kita lakukan secara gratis dan ditujukan untuk kendaraan dengan mesin bensin dan diesel,” ungkap Rusman Sagala, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Jakarta Utara saat ditemui Otomania di lokasi uji emisi Jalan Boulevard Barat Kelapa Gading, Jakarta Utara,  Selasa (10/5/2016).

Hasil dari uji emisi ini adalah data yang menilai kualitas emisi kendaraan yang diuji coba. Saat kendaraan tersebut lolos uji akan diberikan stiker tanda kendaraan tersebut sudah uji emisi. Jika hasil emisi gagal maka petugas akan memberikan rekomendasi pada pemilik kendaraan untuk memperbaiki mesin kendaraannya.

“Udara kotor itu hasil dari pembakaran yang tidak sempurna. Jika pembakaran sempurna, kualitas udara yang dihasilkan semakin baik dan berdampak pada semakin baik udara perkotaan,” ucap Rusman.

Uji emisi ini diharapkan akan membuat pemilik kendaraan memiliki kebiasaan untuk merawat mesin kendaraannya. Uji emisi akan dilakukan berkala satu kali dalam satu tahun atau enam bulan sekali. Pengujian ini juga merupakan salah satu program pemerintah untuk menciptakan udara bersih dalam program nasional “Langit Biru”.

Uji emisi ini diselenggarakan tiga hari berturut-turut, sejak 10 -12 Mei 2016 di tiga lokasi berbeda, yakni Kelapa Gading, Danau Sunter, dan Benyamin Sueb (Kemanyoran).

“Target kami dalam satu hari adalah mengambil data 800 kendaraan. Selama tiga hari ini lokasi akan berpindah seputar daerah Sunter Kelapa Gading dan Kemayoran,” ucap Rusman.

Jika Anda yang ingin uji emisi secara cuma-cuma arahkan kendaraan Anda dua hari ke depan ke alamat yang tertera di atas.