EQUITYWORLD FUTURES – ZTE merilis Android terbarunya yang diberi nama seri Axon 7. Produk ini merupakan penerus dari flagship Axon yang sudah dirilis pada 2015 lalu.

Vendor ponsel asal China tersebut tampak sangat serius dalam mengembangkan Axon 7. Hal tersebut terbukti dari desain dan spesifikasi perangkat yang digunakannya.

Desain perangkat ini tidak dikerjakan oleh pihak ZTE langsung, melainkan diserahkan ke anak usaha pabrikan otomotif BMW, DesignWorks. Seperti apa rancangannya?

ZTE Axon 7 memiliki tubuh unibody dengan material logam. Setiap sudutnya memiliki desain membulat. Sepintas, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Verge, Jumat (27/5/2016), ia mirip dengan HTC M8 yang dirilis pada 2014 lalu.

Produk tersebut dilengkapi dengan layar AMOLED berbentang 5,5 inci. Layarnya mendukung resolusi 2.560 x 1.440 piksel dan dilindungi dengan kaca Gorilla Glass 4 buatan Corning.

Spesifikasi yang ditanamkan di Axon 7 ini tergolong tinggi. Smartphone ini dilengkapi dengan SoC Qualcomm Snapdragon 820 dengan clock CPU 2,1 GHz.

Nantinya, bakal ada dua versi Axon 7 yang dibedakan dari besaran RAM dan media penyimpanan. Versi paling rendah hadir dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan internal berkapasitas 64 GB. Terdapat dukungan kartu microSD hingga 128 GB.

Versi kedua memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, yaitu RAM 6 GB yang dikombinasikan dengan media penyimpanan internal 128 GB, ditambah dukungan kartu microSD juga hingga 128 GB.

Dari segi kamera, Axon 7 hadir dengan kamera belakang 20 megapiksel dengan fitur phase detect auto focus PDAF dan optical image stabilizer (OIS). Di bagian depan, ada kamera 8 megapiksel.

Kapasitas daya baterainya juga tergolong besar, yakni 3.250 mAh. Namun, pengguna dijamin tidak akan terlalu lama mengisi daya sebesar itu karena Axon 7 dilengkapi dengan teknologi Quick Charge 3.0.

Axon 7 menggunakan port USB C, menjalankan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow, dan dilengkapi dengan sensor sidik jari.

ZTE Axon 7 sendiri bakal hadir dengan harga yang cukup murah, jika dibandingkan dengan perangkat lain dengan spesifikasi yang sama. Ponsel ini bakal dijual dengan harga sekitar 450 dollar AS atau sekitar Rp 6,1 juta untuk versi RAM 4 GB. Sementara untuk versi RAM 6 GB, ZTE belum mau mengungkap harganya.

Belum diketahui juga, kapan ZTE akan merilis Axon 7 untuk pasar di Indonesia.